Tips Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Tips Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi gokilbro

Menikah dan memiliki keturunan adalah dambaan bagi semua orang, terlebih lagi bagi orang yang sudah menikah, keturunan adalah salah satu harapan dan tujuan untuk kelangsungan aset dimasa tua nanti. Bagi setiap pasangan suami istri yang baru menimang buah hati untuk kali pertama adalah merupakan hadiah dan kebanggaan tersendiri karena buah hati merupakan sebuah anugrah dan titipan yang harus dijaga dengan segenap jiwa. Rasanya sebagai orang tua baru untuk kali pertama tentunya akan menjadi hal baru, dikarenakan minimnya pengalaman menjadi orang tua, tentunya sebagai seorang ibu tak ingin sang buah hati sakit sedikitpun termasuk juga hal yang akan sering terjadi pada seorang bayi misalnya seperti biang keringat, walaupun hal ini akan sering terjadi sebagai seorang ibu muda akan merasa sangat panik bila ini akan menimpa sang buah hati tercinta.

Biang keringat atau miliaria adalah ruam kecil berwarna merah terasa gatal dan perih pada kulit. Suatu kondisi yang menyebabkan biang keringat adalah: keringat yang terjebak dibalik kulit, sehingga keringat tidak menguap dan terjadilah ruam.

jika kita mau nyadari, kesehatan adalah harta yang sangat berharga, siapapun kita, apapun pekerjaan kita, serta setinggi apapun status social kita dalam hidup bermasyarakat dan berapaun kekayaan yang kita miliki semua itu seakan tanpa guna saat tubuh tidak dalam kondisi aman dan nyaman karena suatu penyakit tertentu, atau sebab-sebab fisik lainnya, untuk itulah saat kondisi ketidak nyamanan datang, tentunya kita akan cepat-cepat berusaha dan bergegas mengembalikan kondisi alaminya, yaitu sehat secara paripurna baik secara fisik maupun psikologis. Namun seperti pepatah klasik lebih baik mencegah daripada mengobati, tentu kita lebih baik menjaga kesehatan diri kita dan keluarga tercinta, lagi pula kita sadar benar berobat tidak bisa dibilang murah apalagi untuk mendapatkan fasilitas dan pelayanan kesehatan dan pengobatan yang memadai.

Berikut merupakan kondisi yang bisa memicu munculnya biang keringat pada bayi antara lain:

  • Iklim: panas dan lingkungan yang lembab.
  • Pakaian: pakaian yang tebal dan berbahan sintetis misalnya bahan nilon, bahan poliester (bahan ini merupakan bahan yang membuat panas terperangkap dan memicu keringat), pada bayi hal ini bisa saja terjadi karena kelenjar keringat bayi belum berkembang.

Tips Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi gokilbro

Untuk pencegahan biang keringat adalah dengan menghindari berbagai faktor-faktor pemicu biang keringat antara lain:

  • Bawalah sang buah hati ketempat yang sejuk atau dingin, apabila menggunakan AC atau kipas angin, usahakan tidak mengarahkan angin tersebut secara langsung pada tubuh sang buah hati.
  • Pakaikan sang buah hati baju yang sifatnya longgar dan hindari pakaian yang menggandung bahan nilon dan polyester.
  • Hindari terlalu banyak di gendong karena akan membuat sang buah hati makin kepanasan.
  • Minum banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi.

 

Tips Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi gokilbro

Untuk pengobatan biang keringat dapat menggunakan antara lain:

  • Lotion calamine, hindari pemakaian pada area permukaan mata.
  • Jika ruam semakin parah,gunakan cream hidrokortison.
  • Untuk obat yang diminum atau oral bisa diberikan antihistamin, namun ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter atau tenaga medis lainya karena pemberian obat ini pada bayi dapat disesuaikan dengan dosis tertentu, sesuai dengan berat badan sang buah hati.

Pada dasarnya biang keringat dapat sembuh dengan sendirinya, namun apabila sang buah hati mengalami fibris atau panas lebih dari 38 derajat Celcius dan ruam memerah makin parah dan terinfeksi lebih dari 3 hari, ada baiknya konsultasi pada dokter atau siapapun yang lebih mengerti.

Demikian tips mengatasi biang keringat pada bayi. Semoga bermanfaat.