Tips Dan Solusi Mengatasi Ngorok di Saat Tidur. Jika Anda menderita mendengkur di saat tidur, Anda akan tahu itu adalah masalah yang sangat nyata dan menjengkelkan. Ini mengganggu pola tidur penting dari orang yang mendengkur dan pasangannya. Hal ini sering menyebabkan kelelahan, iritabilitas, kehilangan ingatan, depresi dan kurangnya konsentrasi saat berhadapan dengan kehidupan sehari-hari. Tapi yang lebih mengkhawatirkan, mendengkur seringkali merupakan gejala dari masalah kesehatan yang berpotensi serius yang diketahui oleh dokter dan profesional medis lainnya.

Dengkuran terjadi di mana gangguan pernapasan sebentar dan sering terganggu selama proses tidur. Saat tidur di tenggorokan bagian atas, otot lidah dan rahang rileks dan menyebabkan penyumbatan saluran napas secara keseluruhan atau sebagian. Kurangnya asupan oksigen berikut bisa berlangsung hingga tiga puluh detik dan berulang terus sepanjang malam. Ketika suplai oksigen mencapai tingkat kritis rendah, otak menggunakan dorongan untuk membangunkan orang sehingga pernapasan sadar normal dapat dilanjutkan.

Kurangnya tubuh akan persediaan oksigen yang cukup dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang yang serius. meliputi serangan jantung, stroke, detak jantung tidak teratur, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan libido yang menurun. Selain itu, kurang oksigen juga menyebabkan ngantuk di siang hari yang bisa mengakibatkan kecelakaan, kehilangan produktivitas dan masalah hubungan.

Saat tubuh mengalami jaringan otot yang lebih tua di tenggorokan dan mulut menjadi lebih lemah dan mulai kehilangan ketegangan, yang berarti orang-orang berusia di atas 35 berisiko tinggi. Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, ditemukan bahwa penderita diabetes sangat rentan terhadap gangguan tidur dengan mendengkur, dengan kondisi di atas 33%. Demikian juga berdasarkan jenis kelamin yg mengalami mendengkur sebagian besar adalah pria yaitu 80% dan wanita 20%. Dan kebanyakaan adalah orang dewasa.

Namun untuk Anda yang mengalami gangguan tidur mendengkur, jangan khawatir. Berikut ini adalah Beberapa Tips Dan Solusi Mengatasi Ngorok di Saat Tidur.

  1. Menurunkan Berat Badan

Obesitas atau kelebihan berat badan seringkali menjadi faktor mendengkur dikarenakan meningkatnya resiko lemak yang menekan tenggorokan dan menimbulkan suara ngorok. Hal ini dapat diatasi dengan memulai olahraga secara teratur dan mengurangi bobot badan.

 

 

  1. Mengubah Posisi Tidur

Posisi tidur yang tidak benar akan menyebabkan Anda mendengkur. Biasanya bunyi dengkuran akan terdengar saat tidur dengan posisi telentang. Hal ini mengakibatkan lidah tertarik ke belakang dan aliran udara mengalami penyempitan. Solusinya, cobalah mengubah posisi tidur Anda dengan cara menyamping karena tidur miringĀ dapat mencegah lidah jatuh ke belakang dan menghalangi tenggorokan saat tidur. Anda bisa meletakkan bantal untuk menahan agar posisi tidur tidak kembali telentang

 

 

  1. Olahraga

Olahraga juga dapat membantu untuk menghilangkan ngorok saat tidur. Selain membantu menurunkan berat badan, dengan berolahraga maka bagian lengan, kaki, leher dan juga anggota tubuh lainnya akan bergerak sehingga akan mengencangkan otot-otot di tenggorokan yang dapat mengurangi mendengkur.

 

 

  1. Hindari Alkohol dan Obat Penenang

Minuman beralkohol dapat melemaskan otot-otot pernapasan dan menggangggu relaksasi otot sehingga menjadi salah satu penyebab terjadinya mendengkur. Sebaiknya dibatasi untuk minum alkohol. Sedangkan ObatĀ  penenang mempunyai efek relaksasi pada otot dan otak sehingga dapat mempengaruhi dengkuran

 

  1. Berhenti Merokok

 

Merokok tidak baik untuk saluran pernapasan dan dapat menyebabkan peradangan yang menyebabkan tidur mendengkur. Solusi agar tidak lagi mendengkur di saat tidur sebaiknya berhenti merokok. Dengan demikian tubuhpun semakin sehat.

  1. Membersihkan hidung

Cobalah untuk membersihkan hidung terlebih dahulu sebelum tidur apabila anda sedang mengalami hidung tersumbat, karena dengkuran terjadi apabila terjadi kemacetan dalam saluran pernapasan.

 

Demikian Beberapa Tips Dan Solusi Mengatasi Ngorok Di Saat Tidur yang efektif. Silahkan Mencoba, Semoga Bermanfaat.