Sungguh Tragis, Seorang wanita meninggal setelah minum sekaleng soda. Kejadian ini dialami oleh seorang wanita cantik yang terjadi pada beberapa waktu lalu di Zhuhai, Guangdong, Tiongkok. Wanita ini meminum 2 kaleng bir langsung dari kalengnya, lalu dua hari kemudian setelah itu dia meninggal. Lalu apa penyebab kematiannya?

 

Adapun penyebab yang mengejutkan dari hasil otopsi menyatakan bahwa dia meningggal karena penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira (leptospirosis) yang penyebarannya melalui urine dan darah hewan yang terinfeksi bakteri.

Sebuah tes menunjukkan bahwa bakteri terdapat di tutup kaleng yang diminum itu ternyata telah terkontaminasi oleh urin tikus yang mengandung virus leptospirosis mematikan inilah yang memyebabkan kematiannya. Seringkali kita juga meminum soda atau minuman lainnya langsung dari tutup kalengnya.  Setelah kejadian ini, dokter menyarankan agar demi memperhatikan kesehatan maka jangan minum minuman kaleng langsung dari mulut ke tutup kalengnya untuk menghindari kontaminasi urin tikus.

 

Urin tikus mengandung zat beracun dan mematikan. Sangat disarankan untuk mengelap dan membersihkan kaleng soda dengan handuk atau tissue sebelum minum dari mereka karena telah disimpan di gudang dan dibawa langsung ke toko tanpa dibersihkan terlebih dahulu. Sebaiknya juga diminum dengan menggunakan sedotan atau dituang ke gelas.

 

 

 

Kejadian serupa juga terjadi pada tahun 2005 di Texas Utara. Seorang wanita pergi berperahu pada suatu hari Minggu, membawa serta beberapa kaleng coke yang dimasukkannya ke kulkas. Pada hari Senin dia dibawa ke Unit Perawatan Intensif dan pada hari Rabu dia meninggal.

Hasil otopsi mengungkapkan adanya Leptospirose tertentu yang disebabkan oleh sekaleng coke yang diminumnya, tidak menggunakan gelas. Sebuah tes menunjukkan bahwa kaleng itu terinfeksi oleh urine tikus kering dan karenanya penyakitnya Leptospirosis.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa bagian atas tutup kaleng soda lebih terkontaminasi kuman dan bakteri daripada toilet umum. Jadi sebaiknya cuci terlebih dahulu tutup kaleng dengan air sebelum memasukkannya ke mulut untuk menghindari kecelakaan fatal.

Kejadian ini dapat terjadi pada siapa saja, mohon sampaikan pesan ini kepada semua orang yang Anda sayangi.