Restoran-Restoran Unik yang dilayani bukan oleh manusia. Restoran merupakan tempat tujuan semua orang untuk membeli makanan yang merupakan kebutuhan pokok dan juga bagi yang terkadang tidak selera dengan menu makanan yang tersedia di rumah. Adapun yang membuat ramai dan menarik pengunjung restoran biasanya tergantung menu makanan dan interior tempat yang nyaman.

Selain menu dan tempat, Restoran juga wajib memperhatikan aspek pelayanan yang baik untuk konsumen. Nah berikut ini adalah beberapa restoran unik yang dilayani bukan oleh manusia. Lalu siapakah yang akan melayani? Mari kita simak ulasan berikut inI.

1.Kedai Kayabukiya di Jepang

Sebuah rumah sake tradisional di utara Tokyo, Jepang telah menjadikan sepasang kera Jepang berseragam yang disebut Yat-chan sebagai waitress / pelayan untuk melayani para pengunjung. Yat-chan yang berusia dua belas tahun ini mampu memikat hati saat dia bergerak cepat di antara meja makan dengan pesanan minuman konsumen.

Yang lebih muda dari keduanya, Fuku-chan dengan cepat memberi para pengunjung handuk panas untuk membantu mereka membersihkan tangan mereka sebelum mereka memesan minuman mereka, seperti kebiasaan di Jepang.

Yat-chan dan Fuku-chan, yang keduanya mendapat sertifikasi dari pihak berwenang setempat untuk bekerja di kedai ini sangat menghargai pelanggan, yang memberi tip kepada mereka dengan kacang kedelai. Monyet sebenarnya adalah pelayan yang lebih baik daripada beberapa orang manusia yang benar-benar buruk, menurut opini beberapa pelanggan.

Pemilik kedai kopi Kaoru Otsuka, 63 tahun, awalnya memelihara monyet sebagai hewan peliharaan rumah tangga – tapi ketika yang lebih tua mulai merawatnya, dia menyadari bahwa mereka mampu bekerja di restoran

2. Multan Pizzeria di Pakistan

Restoran pizza di Multan tiba-tiba menjadi fokus perhatian konsumen, dan bukan terutama karena aroma dan selera. Alasannya pelayan robot mengembara di restoran dan menyajikan makanan ke para pengunjung.

Lebih penting lagi, robot ini telah dikembangkan oleh pemilik pizzeria putra, seorang lulusan teknik kelistrikan dari NUST Islamabad. Segera setelah berita tentang pelayan robot itu menyebar, ada antrian panjang pelanggan di luar toko yang ingin bersantap di sini. Dia mengatakan anaknya, Syed Osama Aziz, memberikan gagasan unik untuk membuat pelayan robot untuk memberikan dorongan pada bisnis ini.

Sementara Jafari tertarik untuk mengenalkan empat pelayan robot lagi, dia mengatakan bahwa dia tidak akan mengurangi jumlah pelayan manusia karena dia tidak ingin membuat orang lain menganggur.

Robot ini mampu menavigasi ke meja pelanggan, menyapa pelanggan, menyajikan makanan dan kembali ke konter. Dengan berat 25 kilogram dan mampu membawa makanan hingga 5 kg, robot tersebut juga mendeteksi dan meminta hambatan tersebut untuk memberi jalan. Akan tetapi banyak yang dibutuhkan untuk memperbaikinya.

Tapi kenapa dia lebih memilih pelayan wanita? Bentuk tubuh wanita membantu mesin menjaga berat yang dibawanya. Kami telah memasang syal di lehernya untuk memperjelas bahwa itu adalah robot wanita, Dia juga mengatakan bahwa semua komponen, baik listrik maupun mekanik, yang digunakan di mesin dibuat di Pakistan. Aziz mengatakan bahwa saat ini pelayan tersebut tidak dapat menerima perintah, namun dia akan meningkatkan fungsinya. Robot ini juga sementara belum mempunyai nama.

3. Robot Restaurant

Restoran Cina mulai mengganti pekerja mereka dengan robot pada awal tahun 2006. Meskipun beberapa telah terbukti sangat tidak kompeten, robot masih lebih murah daripada staf manusia yang perkiraan biaya per jam $ 1.200 per kepala hanya dengan gaji beberapa bulan rata-rata. Server di China (meski harganya robot bervariasi). Pelayan robot tampaknya telah lepas landas di China karena mereka baru dan menyenangkan, bukan untuk efisiensi mereka. Banyak robot di restoran Cina tampak mirip mainan. The Wall Street Journal menulis bahwa orang China bahkan menyebut robot mereka sebagai “jiqiren”, yang berarti orang mesin.

Di Robot Restaurant 20 robot mengantarkan makanan ke meja makan, memasak pangsit dan mie, mengantarkan pengunjung dan menjamu mereka di Harbin, provinsi Heilongjiang di China. Ketika seseorang masuk ke dalam restoran, sebuah robot penyambut melebarkan lengan mekanik mereka ke samping dan berkata ‘Halo. Selamat datang di Restoran Robot”

Setelah pengunjung memesan, robot di dapur mulai memasak makanan mereka. Setelah hidangan disiapkan, pelayan robot, yang berjalan di sepanjang jalur di lantai, membawanya dari dapur ke meja. Lalu piring disiapkan dan diletakkan di ban berjalan yang tersuspensi dan saat piring mencapai meja kanan, lengan mekanis mengangkatnya dan meletakkannya. Saat mereka makan, robot bernyanyi menghibur pengunjung.

Restoran tersebut telah mendapatkan ketenaran di internasional dan terus berkembang dalam popularitasnya sejak dibuka pada bulan Juni tahun lalu.

Kepala teknik Liu Hasheng, mengatakan bahwa mereka menginvestasikan 5 juta Yuan (sekitar £ 500.000) untuk menciptakan restoran, dengan masing-masing robot menghabiskan 200.000 sampai 300.000 Yuan (sekitar £ 20.000 sampai £ 30.000).

Robot bisa bekerja terus menerus selama lima jam setelah dicharge selama dua jam. dan robot dapat dikelola oleh staf di ruang komputer. terdapat lebih dari selusin robot beroperasi di restoran sebagai penghibur, server, penyambut tamu dan resepsionis.

Demikian beberapa Restoran-Restoran Unik yang dilayani bukan oleh manusia ini? Apakah anda tertarik untuk mencobanya?