Tips Mengatur Menu Makanan Diet Sehat dan Seimbang

 

Banyak orang yang ingin sekali mengetahui bagaimana menu makanan diet sehat yang tepat dan seimbang. Diet merupakan aktivitas mengendalikan pola makan dengan tepat. Maka dari itu, kita bisa saja melakukan diet yang sehat dan cepat asalkan benar-benar dilakukan dengan cara pengaturan pola makan yang dikonsumsi. Tak sedikit orang yang lebih memilih program diet yang hanya asal cepat tanpa mempertimbangkan kesehatannya. Bahkan Anda bisa menjumpai sejumlah program diet yang banyak dijumpai, mulai dari obat pelangsing, operasi sedot lemak, dan lain sebagainya. Hanya saja, cara tersebut bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Menu Makanan Diet Sehat dan Seimbang

 

Cara diet paling tepat dan aman tentunya dengan cara memilih menu makanan diet sehat. Anda bisa memilih menu makanan diet di bawah ini untuk program penurunan berat badan :

  1. Menu Sarapan Pagi Yang Tepat

Saat Anda melakukan sarapan pagi, pilihlah kuning telur atau keju dengan campuran sedikit omelet. Bisa ditambahkan sayur seperti sawi, jamur dan brokoli. Perlu Anda ketahui bahwa sayur merupakan jenis makanan pendukung diet, sebab sayur mengandung serat yang sangat baik bagi tubuh. Serat yang terkandung dalam sayuran ini bisa membantu sistem metabolism tubuh dan  mampu mengusir sejumlah lemak jahat yang ada dalam tubuh dengan efektif

 

 

 

 

 

 

       2. Memperhatikan Jam Makan

Selain memilih menu makanan diet sehat, pastikan juga untuk tetap memperhatikan waktu makan Anda. Sebaiknya hindari makan di malam hari di atas jam 6. Bila merasa lapar saat malam hari, bisa menggantikan makanan berat dengan camilan yang sehat, atau bisa juga dengan mengonsumsi 1 gelas susu yang rendah lemak.

 

 

 

 

 

 

 

 

       3. Menu Makan Siang Dengan Banyak Lemak

Jika saat sarapan Anda mengonsumsi banyak sayuran, kini saatnya Anda bisa mengonsumsi makanan berat dengan banyak lemak di waktu makan siang. Anda bisa mengganti makanan berjenis kacang-kacangan serta pengganti nasi. Meskipun mengonsumsinya dengan jumlah yang banyak, bahkan setara dengan nasi yang umumnya Anda konsumsi, hal ini tentunya tak akan berarti sebab mengandung kadar kolesterol yang sedikit.

 

 

 

 

 

4. Imbangi Konsumsi Air Putih Yang Cukup

Dalam 1 hari, alangkah baiknya Anda mengonsumsi air putih dengan banyak 2 liter. Adapun minuman air putih yang Anda konsumsi sebaiknya tidak terlalu dingin. Air putih juga berfungsi sebagai media penahan rasa lapar, terutama bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

 

 

 

 

 

 

5. Pengaturan Menu Makan Malam

Untuk menunjang program penurunan berat badan supaya sukses, Anda tak disarankan mengonsumsi sejumlah makanan berat saat malam hari. Hal tersebut dikarenakan aktivitas pada malam hari yang sedikit sekali, dengan begitu sistem pencernaan lebih sedikit bekerja. Adapun menu makanan di malam hari yang bisa dikonsumsi adalah dengan meminum air putih dan buah-buahan.

 

 

 

 

 

 

Supaya memaksimalkan program penurunan berat badan, Anda tentu harus tetap menjalankan olahraga. Aktivitas fisik ini dapat membantu membakar lemak atau kalori dalam tubuh secara efektif. Sehingga berat badan pun dapat turun maksimal. Jadwalkan aktivitas olahraga Anda setidaknya 3 kali dalam seminggu. Untuk memulainya, lakukan olahraga atau aktivitas fisik yang ringan saja terlebih dulu, seperti jogging, renang atau berbagai aktivitas olahraga yang Anda sukai. Jika Anda melakukan aktivitas ini dengan senang, tentunya program penurunan berat badan akan lebih cepat tercapai. Jadi, untuk menyeimbangkan menu makanan diet sehat, Anda bisa menjalankan berbagai aktivitas yang bermanfaat untuk membakar kalori dalam tubuh.