Kenali 8 Gejala Kanker Serviks Sejak Dini Ini!

 Gejala Kanker Serviks gokilbro

Gejala kanker serviks memang tak selalu dapat terlihat jelas, bahkan tak menutup kemungkinan gejalanya sama sekali tidak diketahui oleh penderitanya. Sebab seringkali, gejala yang ditimbulkannya baru disadari ketika kanker sudah mencapai stadium akhir. Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan pap smear dengan rutin untuk mencegah perkembangan penyakit kanker serviks. Kanker serviks sendiri merupakan penyakit kanker yang menyerang leher Rahim atau mulut Rahim. Mulut Rahim sendiri adalah bagian Rahim paling bawah yakni peralihan antara miss V dengan bagian Rahim.

Gejala Kanker Serviks

Kebanyakan wanita tak bisa mengenali gejala atau tanda-tanda pra kanker untuk kanker serviks ini. Biasanya gejala kanker serviks pada stadium awal tak memperlihatkan gejala yang pasti hingga sel kanker sudah melakukan invasi pada jaringan yang lebih dalam serta menyebar ke bagian organ atau jaringan tubuh lainnya. Saat salah satu gejala-gejala di bawah ini muncul, sebaiknya Anda segera melakukan konsultasi ke dokter :

  1. Terjadinya Pendarahan

Pendarahan atau bercak darah yang timbul di luar jadwal haid Anda, perlu dicurigai. Sebab gejala yang satu ini termasuk tanda-tanda awal munculnya kanker serviks. Memang tak semua jenis pendarahan yang terjadi di luar jadwal haid disebabkan oleh adanya kanker serviks. Biasanya hal tersebut juga terjadi saat seseorang sedang dalam kondisi yang kurang fit, stress, gejala keguguran, akibat kontrasepsi dan sebagainya. Akan tetapi, Anda harus waspada jika gejala pendarahan atau flek terjadi diiringi dengan gejala kanker serviks lainnya.

  1. Durasi Haid Lebih Panjang Dibandingkan Biasanya

Jika umumnya durasi menstruasi terjadi hanya 5-7 hari, akan tetapi seorang penderita kanker serviks umumnya mengalami menstruasi dengan durasi yang lebih panjang. Selain tumor atau kanker serviks, bisa juga akibat gangguan pada pembekuan darah

  1. Nyeri Ketika Berhubungan Seksual

Jaringan serviks pada kelamin wanita yang mengalami tumor atau keganasan lebih sensitif disebabkan adanya proses kematian sel atau nekrosis dan peradangan. Maka dari itu, saat penderita berhubungan seksual mudah sekali merasa nyeri di bagian alat kelamin.

  1. Mudah Sekali Terjadi Pendarahan

Saat serviks atau mulut Rahim mengalami perubahan lebih ganas, biasanya jaringan tersebut akan mudah berdarah dan rapuh. Karenanya sentuhan yang umumnya tak menimbulkan pendarahan, bisa saja terjadi pada penderita kanker serviks. Adapun sentuhan tersebut bisa berupa pemeriksaan panggul, douching atau berhubungan seksual.

  1. Pendarahan Pasca Terjadinya Menopause

Gejala kanker serviks lainnya yaitu terjadinya pendarahan meskipun orang tersebut sudah menopause. Normalnya wanita yang memasuki menopause, tidak akan mengalami menstruasi kembali atau tak ada darah haid lagi. Maka dari itu, jika terus mengalami pendarahan meskipun sudah memasuki usia menopause maka dicurigai darah tersebut karena kanker serviks.

  1. Keputihan Tak Biasa

Adapun keputihan tak biasa disini adalah keluarnya cairan keputihan atau cairan lainnya selain arah dari bagian jalan lahir. Biasanya cairan tersebut berupa lendir yang bercampur nanah maupun darah kotor.

  1. Hilangnya Nafsu Makan

Jika hilangnya nafsu makan diiringi dengan gejala-gejala penyakit kanker serviks lainnya, hal ini bisa berindikasi kuat bahwa orang tersebut menderita kanker serviks. Adapun kurangnya nafsu makan ini disebabkan  oleh zat-zat yang bersifat toksin dari sel-sel kanker.

  1. Hilangnya Berat Badan Secara Drastis

Ini juga merupakan gejala yang umum terjadi pada penyakit kanker. Jika gejala ini muncul diiringi dengan gejala kanker serviks lainnya, maka kemungkinan penderita mengalami kanker serviks.

Makin cepat anda mengetahui gejala-gejala sedini mungkin, maka akan semakin besar kesempatan untuk mencegah dan mengobatinya sebelum sel-sel kanker menjadi lebih parah.

 

 

Baca juga artikel lainnya : Tanaman Herbal Efektif Untuk Kanker