Dampak seringnya minum obat-obatan. Perlu kita ketahui bahwa terlalu sering meminum obat-obatan itu tidak baik bagi fungsi organ tubuh kita terutama ginjal, sehingga kita perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi obat. Apabila tubuh kita mengalami sakit maka sebaiknya kita menggunakan obat dengan anjuran dan dosis yang diberikan dokter, juga tidak diminum dalam jangka panjang.

  1. Mitos dampak seringnya minum obat-obatan dapat merusak ginjal.

Adanya dampak meminum obat-obatan dalam jangka waktu panjang, dapat memicu kerusakan pada ginjal. Namun untuk penderita penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes, atau penyakit jantung  justru akan mengalami perburukan penyakit apabila menghentikan meminum obat yang seharusnya rutin di konsumsi. Pada kondisi penderita hipertensi, pembuluh darah akan cepat rusak, di karenakan di dalam ginjal terdapat banyak sekali pembuluh darah kecil, sehingga apabila tekanan darah tidak di kontrol karena tidak rutin meminum obat, maka ginjal akan mengalami kerusakan lebih awal.

Pada penderita penyakit kronis tentu nya dokter akan menyesuaikan pemberian dosis untuk obat yang di konsumsi secara rutin agar aman sesuai dengan penyakit yang anda alami. Penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes adalah termasuk penyakit dengan multifaktor dan memicu efek kerusakan pada berbagai organ tubuh, sehingga apabila pasien tidak meminum obat dengan rutin sesuai yang di anjurkan, maka justru kerusakan organ akan lebih awal.

Menurut penelitian, memang ada obat-obatan tertentu seperti obat anti nyeri, dapat membuat fungsi ginjal menurun. Karena hal tu sebaiknya pasien tidak mengobati rasa nyeri sendiri, tetapi segera periksakan ke dokter, agar di berikan dosis yang tepat agar tidak memperburuk fungsi organ ginjal.

  1. Dampak minum obat-obatan dalam jangka panjang.

Obat merupakan racun apabila pemberiannya tidak sesuai dosis yang di tentukan, pada penelitian telah di temukan adanya efek samping dalam setiap obat, yang biasa nya memakan waktu 10-20tahun. Pada dasarnya penggunaan obat dalam jumlah dan waktu yang banyak harus di hindari, karena tidak selamanya tubuh kita dapat menetralizir setiap zat yang masuk dalam tubuh. mungkin efek dari obat-obatan tersebut akan muncul suatu saat jika kita terserang penyakit yang lumayan parah.

Beberapa obat yang di gunakan dalam jangka waktu yang panjang justru secara fisik dapat memicu timbulnya infeksi pada bagian tubuh tertentu. Terutama oleh obat-obatan antibiotik atau vaksin yang di buat melalui pemanfaatan bakteri atau virus. Obat jenis antibiotik merupakan obat yang di hasilkan dari bioteknologi modern. Mengubah bakteri menjadi obat, karena dari itu berbahaya apabila  di konsumsi secara terus menerus dan dalam waktu panjang karena dapt berbalik menyerang tubuh.

Dampak lain, ada juga terjadi nya komplikasi kerusakan gabungan dari beberapa organ, karena terlalu sering nya kita mengkonsumsi obat-obatan dalam jumlah dan jangka panjang yang dapat merusak sebuah organ, satu organ yang rusak ini dapat mengganggu sistem metabolisme pada tubuh yang hasilnya akan menurunkan fungsi dari organ lainnya.Selain itu, dampak lainnya adalah dapat merusak ginjal. Ginjal adalah organ yang berfungsi untuk menyaring darah, dan obat-obatan semuanya di angkut oleh darah. Darah hasil metabolisme membawa ampas-ampas obat atau biasa di sebut sisa racun yang nanti nya akan di saring oleh ginjal. Terlalu sering nya mengkonsumsi obat dapat menyebabkan terjadinya gagal ginjal di kemudian hari. Untuk mengurangi efek tersebut alangkah baiknya apabila anda perbanyak mengkonsumsi air putih miniman 8gelas sehari agar ginjal lebih ringan bekerja nya.

Berkurangnya imun atau kekebalan tubuh juga dapat terjadi karena faktor konsumsi obat yang berlebihan dan dalam jangka waktu panjang. Karena obat yang anda konsumsi merupakan zat racun yang melawan kekebalan tubuh manusia karena menangkal zat asing.

Dampak Kerusakan pada panca indera juga dapat terjadi, beberapa obat memiliki efek samping jangka pendek seperti pandangan kabur, kesulitan mendengar, hilang rasa, ruam kulit, alergi, dsb. Dan dalam jangka panjang pun efek obat-obatan tsb dapat mempengaruhi indera penglihatan dan pendengaran.

Penjelasan di atas hanya beberapa dari banyak nya dampak kerusakan dari pengkonsumsian obat yang berlebihan dan dalam jangka waktu panjang. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Dampak Begadang Bagi Kesehatan Tubuh Kita