Dampak Begadang Bagi Kesehatan Tubuh

Buat yang suka begadang, Berikut ini adalah Dampak Begadang Bagi Kesehatan Tubuh kita. Setelah seharian melakukan aktifitas pekerjaan, belajar, sekolah, kegiatan outdoor atau indoor skalipun. Seharusnya pada malam hari adalah waktu yang tepat untuk beristirahat supaya badan dapat recovery, yang ideal nya tidur pada malam hari adalah 8 jam. Tujuannya supaya badan kita dapat kembali fit keesokan hari nya, dan dapat memulai pekerjaan kembali secara maksimal, kembali fokus pada kegiatan selanjutnya. Karena kurangnya jam tidur dapat mengakibatkan kurangnya konsentrasi, dan kurang maksimalnya fungsi kerja tubuh.

Selain itu, karena banyaknya hormon yang di hasilkan pada malam hari, seperti hormon pertumbuhan dan hormon kortek adrenal yang dapat menunjang sistem metabolisme, reproduksi, dan perkembangan tubuh. Jadi bila pada malam hari waktu istrirahat kita kurang, maka hormon tersebut juga tidak dapat terproduksi dengan maksimal, yang nanti nya dapat berdampak serius pada kondisi kesehatan tubuh kita.

  1. Melemahnya sistem kekebalan tubuh

Begadang adalah faktor memicu nya tubuh dan mental menjadi mudah lelah, karena sistem kerja tubuh yang di paksa secara terus menerus tanpa ada jeda waktu untuk istirahat yang cukup, dan berdampak pada gangguan kesehatan dan daya tahan tubuh menurun. Dan membuat tubuh kita rentan terhadap penyakit maupun berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh virus, misalnya flu, demam, hepatitis, dan lain sebagainya.

  1. Anemia

Bedagang juga mengakibatkan anemia atau kekurangan darah, hal ini karena hormon dan produksi sel darah merah terganggu akibat metabolisme tubuh kita yang tidak seimbang dan kurang maksimal.

  1. Masuk angin

Begadang juga dapat mengakibatkan anda masuk angin karena biasa nya orang yang begadang akan banyak mengkonsumsi cemilan dan kopi atau sejenisnya sehingga lambung seharusnya beristirahat malah di paksa untuk tetap aktif, ini lah yang memicu terjadi nya perut kembung dan masuk angin.

  1. Pikun

Begadang dapat membuat pikun di usia muda. Ketika tidur otak akan mengingat informasi yang terjadi dalam sehari, karena dalam tidur otak akan menggabungkan memori di dalamnya, jika terlalu sering begadang maka fungsi otak ini akan terganggu dan mengakibatkan kepikunan dini.

  1. Depresi

Begadang setiap malam tidak dapat di anggap hal biasa. Orang yang jam tidur nya kurang dari 5jam per hari nya selama 7 hari dapat menyebabkan mudah stress, marah, sedih, dan kelelahan mental sehingga menyebabkan terjadinya gejala depresi.

  1. Diabetes

Pola tidur mempengaruhi kadar gula darah, hormon yang mengontrol nafsu makan, dan sistem kerja otak akan makanan berkalori tinggi. Saat tidur, kadar gula tubuh menurun, karena gula dalam tubuh banyak di pakai oleh hati untuk proses detoksifikasi. Kurang tidur dapat mengurangi kemampuan sel lemak untuk merespon insulin, hormon yang mengatur metabolisme dan berperan besar pada diabetes. Dan menurut penelitian di Women’s Hospital menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari 5jam pada malam hari nya dapat beresiko besar terkena diabetes.

  1. Penyakit jantung

Durasi tidur yang lebih sedikit di banding waktu yang seharusnya ternyata bisa menyebabkan sakit jantung di masa depan. Salah satu sebab mengapa jantung mudah terpengaruh oleh kurang tidur adalah karena tubuh kita mengalami tahapan psikologikal selama tidur.

  1. Insomnia

Alarm clock on night table showing 3 a.m.

 

Karena seringnya bedagang pada malam hari, dan harus kembali beraktifitas pada siang hari nya, maka akibatnya tubuh akan biasa dengan hal ini, jadi ketika anda mencoba tidur di waktu yang sebenarnya, anda akan mengalami susah tidur. Inilah yang menyebabkan begadang menimbulkan insomnia berkepanjangan.

 

  1. Pengaruh reproduksi

Pada wanita, begadang dapat berpengaruh pada sistem reproduksi hormon dan kualitas ovum. Hal ini yang mempengaruhi terganggu nya siklus menstruasi. Dan bagi pria, begadang juga dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma.

  1. Berat badan

Karena sistem metabolisme tubuh yang bekerja kurang maksimal akibat jam tidur yang tidak teratur atau kurang, karena hal itu begadang menjadi faktor pemicu gangguan pada stabilnya berat badan. Terkadang pada sebagian orang ada yang berdampak membuat rasa lapar meningkat, yang akhirnya berdampak pada bertambah nya berat badan, tetapi tidak jarang juga ada yang semakin membuat badan tidak dapat bertambah meskipun makan banyak, di karenakan hal tadi yaitu sistem kerja pencernaan dan metabolisme yang tidak maksimal.

Di atas adalah beberapa dampak begadang bagi kesehatan kita, masih banyak lagi dampak-dampak lainnya, alangkah baik nya apabila mulai sekarang kita memperhatikan dan mengubah kebiasaan begadang dari dini, supaya tidak terjadi hal-hal yang merugikan bagi kesehatan dan kehidupan kita, sehingga kita dapat menjalani hidup dan bersosialisasi dengan lingkungan dan kerabat dengan baik.

 

Dilihat juga artikel lainnya : Mengetahui Jam kerja organ tubuh manusia