Bahaya Mie instan untuk kesehatan. Makanan instan atau biasa di sebut makanan siap saji adalah makanan yang penyajian nya sangat cepat, makanya biasa juga di sebut fast food. Karena cara penyajian yang sangat cepat dan praktis, biasa nya orang yang kegiatannya sangat padat atau sibuk akan memilih menu makanan ini untuk mengisi perut di kala sedang di kejar waktu.

Perlu di ingat makanan siap saji sangat berbahaya untuk pencernaan jika di konsumsi terlalu sering, karena mengandung garam, gula, lemak, dan kalori yang sangat tinggi, dan juga mengandung bahan pengawet yang berbahaya.

   Mie instan 

Siapa sih yang ga pernah makan mie instan? Pasti semua pernah ya. Selain rasa nya yang enak dan cepat penyajiannya di kala kita lagi laper banget dan mager buat keluar rumah? Yang pas di kantong juga. Yauda pilihan tepat mie instan aja lah ya.

Tapi semua tau ngga sih apa kandungan yang di dalamnya? Bahaya atau ngga? Terus kira-kira berapa lama sih mie instan ini bisa di cerna oleh tubuh kita? Oke, yuk coba kita cari tau.

Jadi ternyata udah ada penelitian nya oleh dokter amerika, dia memasukkan camera berukuran kecil banget ke dalam tubuh yang sebelumnya telah memakan mie instan. Dari hasil rekaman tersebut, ternyata di ketahui mie instan yang telah kita makan itu selama 2 jam masih tetap utuh alias tidak dapat di cerna dalam lambung kita.

Karena mie instan tidak mengandung serat, maka semakin membuat makanan ini sulit di cerna dan karena mie instan mengandung bahan pengawet tertiary-butyl hydroquinone (TBHQ) maka makanan ini tidak baik jika di konsumsi terus menerus dalam jangka waktu yang panjang. Karena akan terus menumpuk di dalam tubuh kita.

Jadi ya bagi kalian yang ingin diet jangan malah makan mie instan ya. Selain tidak baik untuk pencernaan dan kesehatan, mie instan juga dapat memicu terjadi nya obesitas loh. dan dampak penyakit lainnya yang bisa terjadi adalah, tekanan darah tinggi, peningkatan gula darah.

Mie instan di bilang makanan ga sehat karena, kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi, namun rendah protein, serat, vitamin, dan mineral. Dan juga mie instan yang di sajikan dengan kaldu instan memiliki kandungan garam yang sangat tinggi. Dalam satu kemasan mie mengandung sekitar 2.700mg sodium, padahal asupan sodium di sarankan 2.000-2.400mg per hari tidak lebih.

Lalu penggunaan msg atau biasa kita sebut micin, di sarankan untuk di hindari oleh penderita penyakit hipertensi dan gagal jantung. Dan yang perlu di perhatikan, mie instan yang di kemas dengan menggunakan styrofoam yang mengadung bahan kimia, dapat mengganggu cara hormon bekerja terutama esterogen.

Berikut cara meminimalisir efek mie instan, dengan cara menambahkan jenis sayuran pada mie yang anda makan, guna nya untuk membantu meyeimbangkan gizi dan membantu memaksimalkan dalam proses pencernaan. Contohnya seperti telur ayam, sayuran, wortel, jamur, kacang-kacangan, kol, atau bahan alami lainnya. Dan jangan lupa perbanyak minum air putih untuk melancarkan proses metabolisme tubuh kita.

Nah demikian dampak bahaya mie instan untuk kesehatan, Jadi kesimpulannya makan mie instan boleh saja asal takaran yang tidak berlebihan, dan tidak terus menerus di konsumsi. Serta sesuaikan tambahan bahan makanan yang dapat membantu proses pencernaan berjalan secara maksimal bersamaan dengan mie tersebut.