Bahaya bagi pengguna vaping

Bahaya bagi pengguna vaping gokilbro

Jaman sekarang siapa sih yang tidak tahu apa itu vape? Vape adalah nama lain dari rokok elektrik. Vape banyak di gunakan masyarakat jaman sekarang sebagai langkah awal untuk berhenti merokok tembakau. Hingga saat ini penggunaan rokok elektrik masih menjadi pro dan kontra di kalangan para peneliti dan pakar kesehatan.

Pada penelitian menunjukkan 60% orang yang berhenti merokok di prediksi akan beralih pada rokok elektrik. Namun karena kandungan rokok elektrik yang mengandung zat kimia berbahaya dan dapat menimbulkan polusi udara.

Menurut BPOM, rokok elektrik mengandung nikotin cair,dan bahan pelarut propilen glikol , dieter glikol, dan gliserin. Jika semua bahan itu di panaskan akan menghasilkan senyawa nitrosamine.  Senyawa tersebut dapat menyebabkan kanker. Beberapa penelitian menemukan bahwa rokok elektrik dapat memicu inflamasi dalam tubuh, infeksi paru, dan meningkatkan resiko asma, stroke, serta penyakit jantung.

 

Efek samping vape

Bahaya bagi pengguna vaping gokilbro

Ini akan menimbulkan adiksi yang berlebihan pada tubuh. karena pada dasarnya vaping adalah cara lain untuk memasukkan zat nikotin dalam tubuh secara tidak langsung. Walau pengguna nya tidak merasakan efek dalam jangka waktu yang dekat, namun tetap saja akan berpengaruh pada adiksi nya. Penggunaan vaping secara rutin dapat membuat adrenalin semakin meningkat dan tekanan darah juga akan meningkat.

Ada juga beberapa kasus yang menyebutkan bahwa penggunaan vaping ini akan berdampak pada kematian.

 

Efek samping selanjutnya adalah vape berbahaya untuk sistem pernapasan. Pada penjualan alat vape ini sudah memberi instruksi dan himbauan agar tidak di gunakan untuk penderita asma, bronkitis, dan pneumonia. Uap yang di hasilkan dari rokok elektrik tersebut, ternyata juga bisa menyebabkan masalah serius pada sistem pernapasan seperti sesak napas, batuk, dan serangan asma dadakan. Jadi bagi anda yang menderita penyakit pernapasan, sebaiknya menjauhi penggunaan vape tersebut agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

 

Ada juga beberapa berita yang menyebutkan, ketika sudah beberapa lama menggunakan vape ini terjadi masalah serius pada organ dalam, yaitu misalnya gagal jantung, pneumonia, hipotensi, dan luka bakar akibat meledaknya rokok elektrik pada mulut.

Bahaya bagi pengguna vaping gokilbro

Dari sumber website luar, banyak pembahasan yang menyebutkan bahwa pengguna vape sering merasakan efek samping yaitu cold turkey, atau demam kalkun. Efek ini sangat berpengaruh pada kesehatan jangka pendek pada pengguna, seperti gusi berdarah, mudah demam, permasalahan kulit, sering gelisah, pusing, dan lain sebagainya.

 

Namun ada juga efek bahaya vaping yang bersifat sementara, yaitu mulut dan bibir menjadi kering, kulit kering, kulit wajah terasa panas seperti terbakar, sampai dengan mimisan. Walau sifatnya hanya sementara, tetapi harus tetap di waspadai, biasa nya ketika mulut terasa kering bisa di tanggulangi dengan meminum air putih lebih banyak.

 

Dari beberapa ulasan di atas, sudah banyak bukti dampak buruk dari bahaya bagi pengguna vaping atau rokok elektrik bagi kesehatan kita. Ada baiknya untuk menghindari dan mencegah dari bahaya hal tersebut, sebaiknya kita hindari penggunaan vape yang terlalu berlebihan dan jangka waktu yang panjang. Dan bagi kalian yang masih menggunakan, semoga dapat membatasi dan tetap menjaga kebersihan vape tersebut ya. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Baca juga artikel lainnya : Bahaya kopi bagi kesehatan