Tim Nasional Saudi Arabia ini, mendapat kritik karena tidak ikut  menghendingkan cipta di pertandingan melawan Australia. Atas insiden ini Tim Arab saudi  meminta maaf.

Tim Nasional saudi arabia ini mendapat kritik dan sorotan dalam laga kualifikasi Piala dunia 2018 melawan Australia  di stadium adelaide  oval.  Pada hari Kamis 18 juni 2017. Tim Arab saudi ini tidak mengikuti mengheningkan cipta  yang dilakukan sebelum mulai permainan atau kick off.

Mengheningkan cipta ini berlangsung hanya dalam waktu 1 menit dan ini dilakukan untuk bentuk simpati untuk korban teror  di London beberapa waktu yang lalu. Serangan  korban teror di london  Bridge ini menewaskan dua perempuan Australia bernama Sara Zelenak dan  Kristy Bodenz.

Pada saat yang bersamaan pula  pemain Australia berdiri di  lingkar tengah dan saling berangkulan tangan dan mengheningkan cipta. Sementara itu pemain Saudi Arabia memilih melakukan pemanasan. Dengan kejadian itu Tim saudi Arabia menjadi  sorotan bagi dunia persepakbolaan, karena tidak menunjukan rasa  hormat.

FFA atau sering dikenal Federasi  Sepakbola Arab Saudi menyatakan permohonan maaf atas kejadian tersebut. Mereka mengungkapkan bahwa Tidak ada maksud khusus pada acara mengheningkan cipta tersebut. dan secara terbuka meminta maaf atas apa yang telahg di lakukan oleh pemain saudi arabia.

FFA juga mengutuk semua tindakan terorisme dan menyampaikan ucapan belasungkawa  yang tulus kepada keluarga korban yang berasal dari australia demikian di kutib dari Soccerway.

Dan pertandingan itu berakhir 3-2 dimenangkan oleh Australia, setelah 2 kali Tim Arab saudi sempat menyamakan kedudukan.